Mengenal Floordeck, Fungsi, dan Kelebihannya sebagai Alas Cor Beton

Saat seseorang berencana membangun gedung bertingkat, teknik pengecoran beton sangat diperlukan. Pengecoran ini melibatkan penuangan beton cair, yang terdiri dari campuran semen, pasir, kerikil, dan air, ke dalam cetakan untuk membentuk struktur keras.
 
Penggunaan bekisting atau cetakan sangat penting dalam proses ini, karena bekisting mampu membentuk dan menahan beton hingga mengeras dan mencapai kekuatan yang cukup. Biasanya bekisting ini terbuat dari material kayu karena sifatnya yang mudah untuk dibentuk.
 
Meskipun bekisting kayu masih sering digunakan, namun seiring berjalannya waktu dikembangkan sistem floordeck baja ringan yang menawarkan banyak keunggulan dalam pengecoran beton yang lebih presisi.
 
Dalam artikel ini, BLKP akan membahas fungsi dan kelebihan floordeck sebagai alas cor beton atau plat lantai cor metal yang lebih unggul dalam konstruksi modern, terutama untuk bangunan bertingkat tinggi.
 

 

Apa itu Floordeck?

Floordeck merupakan hasil inovasi dari konstruksi bangunan untuk menggantikan papan kayu bekisting yang biasanya digunakan sebagai lapisan dasar pada pengecoran dak beton dalam membuat plat lantai bangunan bertingkat.
 
Memiliki permukaan bergelombang menyerupai huruf w, floordeck dirancang untuk memperkuat daya lekat beton ke pelat serta meningkatkan kekuatan terhadap gaya geser dalam konstruksi dak. Profil bergelombang ini juga membantu mengurangi kemungkinan retak pada hasil pengecoran.
 
Penggunaan floordeck lebih efisien dibandingkan papan triplek karena dapat berfungsi sebagai bekisting permanen yang tidak perlu dibongkar setelah pengecoran. Hal ini mengurangi limbah material yang terbuang dan meningkatkan efisiensi dalam konstruksi.

Material Bahan Floordeck

Floordeck dari BLKP terbuat dari plat baja galvanis dengan ketebalan 0,75 mm menggunakan baja ringan high tensile G550. Material galvanis untuk floordeck BLKP tidak hanya membuat semua pekerjaan pengecoran menjadi lebih cepat selesai dan praktis, tetapi juga mampu menghemat biaya pengerjaan.
 
Selain itu, material galvanis membuat floordeck memiliki sifat tahan api yang mampu memberikan perlindungan tambahan terhadap bangunan dalam situasi kebakaran, meningkatkan keamanan, dan keandalan struktural.
 

Kelebihan Floordeck

Beberapa kelebihan dari floordeck baja ringan yang digunakan sebagai pengganti bekisting papan kayu antara lain:
  • Tahan Goncangan dan Getaran
Floordeck memiliki permukaan bergelombang menyerupai huruf ‘w’ yang berfungsi untuk memberikan dukungan tambahan pada beban struktural, serta meningkatkan kekuatan struktur plat beton dalam menahan goncangan dan getaran, sehingga bangunan menjadi lebih kokoh dan tahan lama.
  • Ekonomis dan Tahan Lama
Floordeck menawarkan efisiensi biaya yang signifikan karena materialnya kuat dan tahan lama. Selain itu, floordeck juga dianggap dapat menghemat penggunaan kerangka atau tiang-tiang penyangga selama proses pengecoran karena dapat mengurangi volume adukan semen dan penggunaan material.

Bukan hanya itu, floordeck juga mampu mengurangi kebutuhan akan perawatan atau penggantian secara berkala, sehingga merupakan pilihan yang hemat biaya dalam pembangunan.
  • Pengerjaan Efisien dan Cepat
Pada struktur plat lantai, penggunaan floordeck atau bondek menjadi lebih efisien karena memungkinkan penggunaan beton lebih sedikit tanpa mengorbankan kekuatan atau stabilitas.

Ukuran lembaran yang besar memungkinkan pengaplikasian langsung tanpa perlu menyusun satu persatu dalam ukuran kecil, sehingga menghemat waktu persiapan pembangunan.
  • Pengurangan Limbah
Penggunaan floordeck dalam pembuatan plat dak beton mengurangi limbah karena tidak perlu dilepas saat beton mengering. Berbeda dengan penggunaan bekisting berbahan papan kayu triplek yang perlu dilepas setelah beton mengeras. Hal ini dapat meningkatkan jumlah limbah konstruksi.
  • Lebih Rapi
Penggunaan floordeck atau bondek dapat memberikan hasil yang terlihat lebih rapi, terutama jika tidak ditutup dengan plafon.

Cara Pemasangan Floordeck

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang floordeck dengan efisien dan akurat:
  • Letakkan floordeck diatas penyangga sementara untuk menopangnya selama proses pemasangan.
  • Gunakan roofing screw untuk pemasangan endstop di sekitar area pemasangan floordeck. Hal ini bertujuan sebagai pelindung agar semen dan pasir tidak tumpah keluar dari area kerja.
  • Buat keras pada bagian tepi floordeck dengan cara melakukan las titik pada balok baja yang ada di sekitarnya. Langkah ini penting untuk memastikan kekokohan dan stabilitas floordeck.
  • Sambung antar floordeck dengan menguncinya menggunakan roofing screw. Pastikan floordeck terpasang dengan rapat dan tidak ada celah diantara lembaran.
  • Sebelum menuangkan coran atau campuran semen dan pasir, pasang jaring kawat baja las di atas floordeck. Hal ini akan memperkuat struktur lantai dan mencegah retak atau pecah selama pemakaian.
  • Terakhir, tuangkan campuran beton atau coran ke atas floordeck. Pastikan campuran tersebut terdistribusi secara merata dan ratakan permukaannya untuk mendapatkan lantai yang halus dan kokoh.


Kesimpulan

Floordeck memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bekisting kayu diantaranya kekuatan yang lebih kokoh, efisiensi biaya, pengerjaan yang lebih cepat, dan menawarkan hasil yang kokoh, efisien, dan ramah lingkungan.

Untuk Anda yang membutuhkan floordeck untuk proyek konstruksi bangunan, BLKP solusinya. Memiliki kualitas yang telah bersertifikasi SNI 8399:2017, ISO 9001-2015, dan lulus berbagai uji yang semakin menjamin mutunya.

Tertarik dengan produk floordeck atau bondek dan ingin dapatkan penawaran harga terbaik? Hubungi Tim BLKP.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak